Saturday, September 14, 2024

Indonesian translation : Penyelamatan

Dan keselamatan tidak ada di dalam siapa pun juga selain di dalam Dia, sebab di bawah kolong langit ini tidak ada nama lain yang diberikan kepada manusia yang olehnya kita dapat diselamatkan. – Kisah Para Rasul 4: 12


Pexels.com
 

Dalam bagian ini, rasul Petrus dengan berani menyatakan bahwa satu-satunya cara untuk diselamatkan adalah melalui Yesus Kristus. Dalam ayat-ayat sebelumnya (Kisah Para Rasul 4:10-11), rasul Petrus menyatakan kuasa nama Yesus Kristus. Dia juga menyatakan bahwa Yesus Kristus adalah Batu Penjuru, dan bahwa keselamatan hanya ditemukan di dalam Yesus Kristus saja.

 

Banyak orang mencari keselamatan tanpa Sang Juruselamat. Tidak ada cara lain bagi seseorang untuk diselamatkan dan memperoleh hidup yang kekal. Hanya melalui Yesus Kristus saja. Firman Allah sangat jelas tentang hal ini, terutama ketika kita membaca Kisah Para Rasul 4:12. Firman Allah tidak ada tandingannya dalam hal otoritas. Itu adalah otoritas tertinggi dan tidak pernah gagal yang harus kita dengarkan, pelajari, dan patuhi.

 

Yesus Kristus telah membayar hukuman mati yang dituntut Allah dari orang berdosa. Kita hanya bisa diperdamaikan dengan Allah melalui Yesus Kristus (Yohanes 14:6). Yesus Kristus adalah Juruselamat yang sepenuhnya mencukupi! Dia menghapus semua dosa, dan karya penebusan-Nya sudah selesai (Yohanes 19:30). Tuhan kita Yesus adalah korban yang sempurna dan terakhir yang dipersembahkan sekali untuk semua dosa, untuk sepanjang masa. Yesus memandang kematian-Nya sendiri sebagai penggenapan penebusan dosa dalam perjanjian lama. Pada Perjamuan Terakhir, Ia berbicara tentang kematian-Nya sebagai Perjanjian Baru dalam darah-Ku yang dicurahkan bagi kamu (Lukas 22:20).

 

Kita tidak boleh percaya pada hal-hal yang tidak bisa menyelamatkan kita (Ibrani 6:1). Keselamatan hanya datang kepada mereka yang percaya kepada Sang Juruselamat Yesus Kristus. Rasul Yohanes menulis: "Semuanya itu kutuliskan kepada kamu, supaya kamu yang percaya kepada nama Anak Allah tahu, bahwa kamu memiliki hidup yang kekal." (1 Yohanes 5:13). Keselamatan adalah anugerah cuma-cuma dari Allah yang harus kita terima dengan sukacita. (Efesus 2:8-9).

 

Yesus sendiri berkata: "Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya barangsiapa mendengar perkataan-Ku dan percaya kepada Dia yang mengutus Aku, ia mempunyai hidup yang kekal dan tidak turut dihukum, sebab ia sudah pindah dari dalam maut ke dalam hidup" (Yohanes 5:24). Mempercayai Yesus untuk keselamatan berarti meninggalkan semua usaha dan cara untuk menyelamatkan diri sendiri. Mari kita menaruh semua kepercayaan kita kepada Tuhan kita Yesus Kristus. Semoga Roh Kudus memberi kita keberanian seperti rasul Petrus dan Yohanes (Kisah Para Rasul 4:13) untuk membangun di atas dasar yang kokoh dan satu-satunya, Yesus Kristus.

 

Mari kita juga membagikan iman kita, mempercayai Firman Allah, dan memberitahukan kepada semua orang tentang anugerah keselamatan yang cuma-cuma yang dapat kita terima dengan menerima Tuhan kita Yesus Kristus sebagai Juruselamat kita.

 

Refleksi dari Kisah Para Rasul 4: 1 – 18 oleh Hanne

 

(Dengarkan podcastnya disini)

No comments:

Post a Comment