Friday, August 23, 2024

Indonesian version: Dengan iman

"Dengan iman dalam nama Yesus, orang yang kamu lihat dan kenal ini menjadi kuat..." - Kisah Para Rasul 3:16

Pexels.com


Di tempat yang disebut Serambi Salomo, orang-orang tercengang dan berlari menghampiri Petrus dan Yohanes serta orang yang dulu mereka kenal sebagai orang lumpuh yang duduk dan mengemis selama bertahun-tahun. Orang itu sekarang berjalan bahkan melompat-lompat sambil memuji Tuhan.

Petrus mengingatkan mereka untuk tidak berpikir bahwa orang itu dapat berjalan karena kuasa dan kesalehan para rasul. Sebaliknya, melalui iman dalam nama Yesus, orang itu disembuhkan.

Di banyak bagian Perjanjian Baru kita dapat melihat bagaimana Yesus menyembuhkan orang berdasarkan iman mereka kepada-Nya. "... imanmu telah menyembuhkan engkau" (Mat 9:22), "Menurut imanmu, hal itu akan terjadi kepadamu" (Mat 9:29), "Pergilah, imanmu telah menyembuhkan engkau" (Markus 10:52), dan seterusnya.

Tanpa iman kita tidak akan pernah dapat menyenangkan Tuhan (Ibr 11:6). Sering kali kita lebih mengandalkan logika kita dan menaruh iman di tempat lain. Jika hal ini yang terjadi, kita perlu menjadi ayah yang ditegur oleh Yesus karena imannya yang belum mantap (Markus 9:14-29). Ayah anak itu langsung berseru, "Aku percaya; tolonglah aku untuk mengatasi ketidakpercayaanku!" 

Yang terpenting adalah kita perlu mengenal siapa Yesus dan kemudian percaya kepada-Nya. Petrus menegur orang Israel yang tidak mengenal siapa Yesus. Yesus, Sang Penulis kehidupan, Sang Kudus dan Benar, yang mereka tolak dan tukar dengan seorang pembunuh dan serahkan untuk dibunuh. 

Terkadang, kita berpikir bahwa kita melakukan atau memilih hal yang benar. Padahal sebenarnya kita telah melakukan yang sebaliknya. Kita kehilangan hal yang paling penting tanpa menyadarinya. Marilah kita meminta Roh Kudus untuk menerangi pikiran dan hati kita, agar dapat melihat Kebenaran.

Renungan Kisah Para Rasul 3:11-26 oleh Desire Litaay.
(Dengarkan podcastnya disini)

No comments:

Post a Comment