Wednesday, June 12, 2024

Indonesian version: Damai Sejahtera

" Semuanya itu Kukatakan kepadamu, supaya kamu beroleh damai sejahtera dalam Aku. Dalam dunia kamu menderita penganiayaan, tetapi kuatkanlah hatimu, Aku telah mengalahkan dunia " - Yoh 16 : 33

Pexels.com

Saudara-saudara seiman dalam Kristus Yesus, kita semua tahu dan percaya bahwa Yesus sudah menaklukkan dunia dengan mati di kayu salib. Dia menghancurkan baik kuasa dosa maupun maut. Yesus menghancurkan si iblis. Perwujudan yang nyata dari hal ini kita akan dapat mengalaminya pada saat kedatangan Kristus yang kedua kali. Yesus memberikan semangat kepada murid-muridNya bahwa meskipun mereka akan menghadapi penganiayaan, mereka akan beroleh damai sejahtera. Dalam Yesus mereka dapat menemukan kedamaian yang tidak ada di tempat lain. Damai sejahtera yang Yesus berikan cukup berbeda dan nyata serta tidak berkesudahan. Kita membacanya dalam kitab Yoh 14 : 27 - " Damai sejahtera Kutinggalkan bagimu. Damai sejahtera-Ku Kuberikan kepadamu, dan apa yang Kuberikan tidak dapat diberikan oleh dunia kepadamu. Janganlah gelisah dan gentar hatimu."

Saudara-saudara, kita melihat di seluruh dunia orang-orang kristen sedang dianiaya hanya karena mereka mengikut Yesus. Kita juga melihat bahwa walaupun mereka dianiaya, mereka tetap memberikan kesaksian iman mereka yang kuat. Dalam banyak kasus mereka bahkan bersedia mengorbankan nyawanya bagi Yesus. Dalam semua kesulitan dan pergumulan mereka, mereka masih dapat beroleh damai sejahtera hanya karena mereka percaya kepada apa yang Yesuams katakan - " dalam Aku kamu beroleh damai sejahtera." 

Dunia mungkin menawarkan kepada kita berbagai cara untuk beroleh damai sejahtera yang tentunya bersifat tidak nyata dan hanya sementara. Dapatkah kita bersandar pada Yesus untuk beroleh damai sejahtera di dalam kesulitan dan pergumulan kita ? Tentunya hal-hal tersebut tidaklah mudah bagi pengikut Yesus yang sejati. Tetapi bahkan di tengah-tengah semua tantangan, jika kita beriman kepada-Nya dan yakin bahwa Dia selalu bersama dengan kita hal itu akan membantu kita beroleh damai sejahtera. 

Refleksi dari Yoh 16 : 16-33 oleh Fr George Joseph SVD

(Dengarkan podcast nya disini)

No comments:

Post a Comment