Monday, June 10, 2024

Indonesian version: Roh Kebenaran

Tetapi apabila Roh Kebenaran datang, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; Yohanes 16:13


Pexels.com

1"Semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya kamu jangan kecewa dan menolak Aku. 2 Kamu akan dikucilkan, bahkan akan datang saatnya bahwa setiap orang yang membunuh kamu akan menyangka bahwa ia berbuat bakti bagi Allah. 3 Mereka akan berbuat demikian, karena mereka tidak mengenal baik Bapa maupun Aku. 4 Tetapi semuanya ini Kukatakan kepadamu, supaya apabila datang saatnya kamu ingat, bahwa Aku telah mengatakannya kepadamu."

(16-4b) "Hal ini tidak Kukatakan kepadamu dari semula, karena selama ini Aku masih bersama-sama dengan kamu, 5 tetapi sekarang Aku pergi kepada Dia yang telah mengutus Aku, dan tiada seorang pun di antara kamu yang bertanya kepada-Ku: Ke mana Engkau pergi? 6 Tetapi karena Aku mengatakan hal itu kepadamu, sebab itu hatimu berdukacita. 7 Namun benar yang Kukatakan ini kepadamu: Adalah lebih berguna bagi kamu, jika Aku pergi. Sebab jikalau Aku tidak pergi, Penghibur itu tidak akan datang kepadamu, tetapi jikalau Aku pergi, Aku akan mengutus Dia kepadamu. 8 Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman; 9 akan dosa, karena mereka tetap tidak percaya kepada-Ku; 10 akan kebenaran, karena Aku pergi kepada Bapa dan kamu tidak melihat Aku lagi; 11 akan penghakiman, karena penguasa dunia ini telah dihukum. 12 Masih banyak hal yang harus Kukatakan kepadamu, tetapi sekarang kamu belum dapat menanggungnya. 13 Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. 14 Ia akan memuliakan Aku, sebab Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku. 15 Segala sesuatu yang Bapa punya, adalah Aku punya; sebab itu Aku berkata: Ia akan memberitakan kepadamu apa yang diterima-Nya dari pada-Ku."

 

Perenungan bagian Injil ini dimana Yesus membagikan tentang Karunia Roh Kudus yang segera diungkapkan kepada 12 murid-Nya. Ini terjadi beberapa jam sebelum penghianatan yang dilakukan oleh Yudas (orang yang menjual Guru dan Tuhan mereka dengan harga yang murah seharga seorang budak, yaitu 30 keping perak) dan penangkapan dilakukan oleh otoritas Bait Suci dengan sejumlah besar orang yang bersenjata. 

 

Dia sedang mempersiapkan mereka untuk menerima Roh Kudus, yang akan turun atas para murid dan Bunda Maria dengan kuasa dan kekuatan pada hari Pentakosta. Ini secara dramatis mengubah para pria yang sebelumnya penakut dan yang melarikan diri setelah Yesus ditangkap. Namun, mereka dapat memberitakan kabar baik dengan berani setelah diberi kuasa dan kemampuan oleh Roh Kudus pada hari Pentakosta. Kita juga sebagai orang percaya pada Perjanjian Baru, perlu mencari kepenuhan Roh Kudus setiap hari agar memiliki kebijaksanaan, keberanian, dan kekuatan untuk melakukan pekerjaan Tuhan. 

 

Seperti yang dikatakan oleh Yesus dengan penuh kasih kepada Maria ketika Dia pertama kali menampakkan diri kepadanya pada pagi hari saat Paskah, dalam Yohanes 20:17 – kata Yesus kepadanya: "Janganlah engkau memegang Aku, sebab Aku belum pergi kepada Bapa, tetapi pergilah kepada saudara-saudara-Ku dan katakanlah kepada mereka, bahwa sekarang Aku akan pergi kepada Bapa-Ku dan Bapa-Mu, kepada Allah-Ku dan Allah-Mu." 

Kita juga perlu bersabar dan menunggu Tuhan untuk bergerak dan berjalan dalam kuasa Roh Kudus. 

 

Saya akan mengakhiri refleksi yang saya bagikan saat ini dengan himne dan doa yang indah untuk mengundang Roh Kudus bagi kita semua:  

 

Spirit of the Living God, Fall Afresh On Me (Roh Allah yang Hidup, Turunlah Kembali Atasku) 

 

Verse (bait)

Spirit of the Living God, Fall afresh on me (Roh Allah yang hidup, turunlah Kembali atasku),  

Spirit of the Living God, Fall afresh on me (Roh Allah yang hidup, turunlah Kembali atasku).

 

Break me, melt me, mold me, fill me (Pecahkan Aku, leburkan aku, bentuklah aku, penuhilah aku). 

Spirit of the Living God, Fall afresh on me (Roh Allah yang hidup, turunlah Kembali atasku).

 

Link Youtubehttps://youtu.be/19i72kDhm1U?si=8PN4wSG3QpM_DczP

 

Copyrights

CCLI Song # 23488 

Penulis Lagu: Daniel Iverson © 1926 

Direkam oleh: Emmaus Worship

 

Refleksi dari Yohanes 16:1-15 oleh Chris Tan

 

 

No comments:

Post a Comment