Thursday, April 25, 2024

In Aeternum | Eternal life | Kehidupan

Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku. – Yohanes 10:28


Pexels.com

 

Percayalah dan engkau akan diselamatkan

 

22 Tidak lama kemudian tibalah Hari Raya Pentahbisan Bait Allah di Yerusalem. Ketika itu musim dingin. 23 dan Yesus berjalan-jalan di Bait Allah, di serambi Salomo. 24 Maka orang-orang Yahudi mengelilingi Dia dan berkata kepada-Nya: "Berapa lama lagi Engkau membiarkan kami hidup dalam kebimbangan? Jikalau Engkau Mesias, katakanlah terus terang kepada kami." 25 Yesus menjawab mereka: "Aku telah mengatakannya kepada kamu, tetapi kamu tidak percaya; pekerjaan-pekerjaan yang Kulakukan dalam nama Bapa-Ku, itulah yang memberikan kesaksian tentang Aku, 26 tetapi kamu tidak percaya, karena kamu tidak termasuk domba-domba-Ku. 27 Domba-dombaku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, 28 dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorang pun tidak dapat merebut mereka dari tangan-Ku. 

 

Saudara-saudaraku yang terkasih dalam Kristus, kita semua tahu bahwa ketika Yesus hidup di bumi, ada begitu banyak orang yang menolak-Nya. Mereka tidak sepenuh hati menerima ajaran-Nya meskipun Yesus telah melakukan begitu banyak mujizat tepat di depan mata mereka! Yesus bahkan menunjukkan begitu besar kasih dan cinta-Nya kepada mereka.  Namun, mereka buta secara spiritual, mereka melihat semua hal besar yang telah dilakukan Yesus tetapi tidak bisa memahaminya. Mereka terus menerus mencari cara untuk menemukan kesalahan pada-Nya.

 

Sayangnya, mereka adalah orang-orang Yahudi, yang merupakan umat pilihan Allah! Yesus datang kepada umat pilihan-Nya tetapi mereka melawan-Nya bukannya menyambut-Nya dengan tangan terbuka. Mereka tidak percaya pada ajaran-Nya dan yang lebih buruk dari itu, mereka tidak percaya kepada-Nya! Mereka mengharapkan tanda dari-Nya untuk membuktikan bahwa Dia adalah Mesias yang dijanjikan (Yohanes 10: 24).

 

Tetapi Yesus dengan jelas menunjukkan kepada mereka bahwa hanya domba-Nya yang mengenali suara-Nya (Yohanes 10:26). Domba-domba-Nya mendengar suara-Nya dan karena itu, percaya kepada-Nya tanpa ragu-ragu. Selanjutnya, dalam bagian ini Yesus meyakinkan domba-domba-Nya bahwa mereka akan selalu aman di dalam tangan-Nya, Dia akan memberikan hidup kekal bagi mereka yang percaya kepada-Nya (Yohanes 10:28). Betapa besar jaminan yang kita miliki dalam Yesus!

 

Dari refleksi hari ini, kita diingatkan mengenai dua hal penting, yaitu: 

Pertama, sebagai orang yang percaya kepada Yesus kita harus menaruh kepercayaan kita pada Yesus, percaya pada-Nya dan firman-Nya tanpa keraguan. Jangan seperti orang Yahudi yang menolak Yesus dan pengajaran-Nya meskipun Yesus telah bersama-sama dengan mereka dalam waktu yang cukup lama tetapi mereka tetap tidak percaya kepada-Nya. 

Kedua, kita boleh bersukacita didalam Tuhan karena kita tahu pasti kita selalu aman di dalam tangan perlindungan Tuhan karena Yesus adalah Gembala yang baik dan kita adalah domba-domba-Nya. 

 

Sederhananya, marilah kita percaya kepada Yesus dengan sepenuh hati dan Dia akan selalu bersama kita, melindungi kita dari segala bahaya atau kejahatan karena kita adalah domba-domba kesayangan-Nya. Amin. 


Refleksi dari Yohanes 10: 22-42 oleh Linda

(Dengarkan podcast disini)

 


No comments:

Post a Comment